Jakarta,Riauaksi.com - Beberapa kepala daerah dari Provinsi Maluku Utara menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan. Mereka mengusulkan sejumlah pembangunan di Provinsi 'Tanah Seribu Pulau' tersebut.

Ada empat kepala daerah yang menemui Jokowi, salah satunya Bupati Kepulauan Taliabu, Aliong Mus. Saat bertemu Jokowi, dia mengusulkan sejumlah hal, di antaranya pembangunan bandar udara, pelabuhan laut, jalan lingkar, hingga pembangunan untuk sentra industri kelapa dan cengkeh.

"Taliabu ini cengkeh, karena daerah kami 5.000 ton cengkeh setahun. Lainnya kelapa. Kami baru usulkan, untuk APBD 2020 dan 2019 APBD Perubahan," kata Aliong Mus di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Untuk nilai akumulasi investasi, Aliong mengatakan bisa lebih dari Rp 1 triliun. 

"Kalau saya sendiri, Rp 500 miliar untuk bandara," katanya.



Terkait dengan usulan pembangunan bandara, Aliong mengatakan hal itu diperlukan untuk Kepulauan Taliabu. Sebab wilayah yang dipimpinnya itu merupakan daerah pemekaran yang baru berdiri 5 tahun.



"Baru 5 tahun. Bandara belum ada, bandara baru. Untuk pelabuhan laut di Taliabu juga, untuk tol laut dan jalan lingkar pulau sekitar 300 km," katanya. 

Dia mengatakan, usulan yang disampaikan para kepala daerah tersebut mendapat respons yang baik dari Jokowi. Bahkan dia mengatakan, Jokowi akan berkunjung langsung ke sejumlah tempat di Maluku Utara.

"Beliau akan berkunjung ke daerah kami tahun ini. Bulan belum disampaikan," ujar Aliong.

Informasi yang dihimpun, Selain dari Taliabu, kepala daerah yang hadir berasal dari Kabupaten Kepulauan Sula, Halmahera Utara, dan Morotai. Aliong mengatakan, bandara juga akan dibangun di Kabupaten Morotai.

SUMBER : detikNews.com