Bekasi, Riauaksi.com - Sejumlah uang yang ada di dalam kotak amal di Masjid Al-Hikmah, Jalan Pandega II, Kota Bekasi, dicuri. Pelaku seorang pria berjaket loreng terekam kamera CCTV saat melakukan aksinya.




"Dia (beraksi) sendiri. Bawa kotak ransel gede (warna) hitam," ujar Penasehat DKM Masjid Al-Hikmah, Suwarna Irawan kepada detikcom, Senin (21/1/2019).

Peristiwa tersebut terjadi di Masjid Al-Hikmat, Jalan Pandega II, Bojong Rawalumbu, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, Rabu (16/1), pukul 02.30 WIB. Suwarna menduga pelaku menggunakan cairan kimia untuk membuka gembok.

"Dia ngeluarin (botol cairan kimia) dari kantong (jaket).(Gembog) dikasih cairan. Dia terus tinggal pergi dulu, muter dulu (keliling masjid). Selang beberapa menit langsung dibuka (gembok). Diraub isi kotak (amal) disisain Rp 540 ribu. Karena udah penuh (tasnya)," ujar Suwarna.



Suwarna menyebutkan sisa uang yang ditinggal pelaku dibiarkan berceceran di sekitar kotak amal. Pihak masjid mengetahui ada pencurian isi kotak amal dari seorang penjaga keamanan, Rabu (16/1), pukul 04.00 WIB. 

Selain mengambil uang, pelaku juga membawa gembok kotak amal. Uang yang dicuri pelaku dari kotak amal itu diperkirakan mencapai Rp 10 juta.

"Diperkirakan Rp 8 juta sampai Rp 10 juta, karena udah 4 bulan nggak diambil," ujar Suwarna.

Aksi pencurian kotak amal itu berlangsung selama 5 menit. Dalam rekaman CCTV, pelaku terlihat mengenakan jaket, celana panjang, dan sandal, serta membawa sebuah tas ransel.

"Orangnya nggak terlalu tinggi ya. Pakai jaket, tipenya bukan warga-warga sini. Umurnya sekitar di bawah 30-an. Pakai jaket, celana hitam, pakai sandal," ujar Suwarna. Kasus tersebut telah dilaporkan ke polisi

SUMBER : detikNews.com